Sabtu, 08 September 2012

Huawei Ascend P1 | Bodi Tipis Performa Sadis

Huawei Ascend P1
Huawei Ascend P1


Huawei Ascend P1 (U9200) | Bodi Tipis Performa Sadis

Huawei menunjukkan keseriusannya menggarap pasar Ponsel Cerdas dengan menghadirkan Huawei Ascend P1. Ponsel ini sempat menjadi salah satu primadona pada ajang tahunan MWC 2012 di Barcelona, Februari lalu.
Ascend P1 begitu menarik perhatian karena desainnya yang menjadikan ponsel ini salah satu Android tertipis yang saat ini beredar di pasaran. Tak hanya itu, Prosesor Dual Core dengan clockspeed 1,5GHz Cortex-A9 menjanjikan kinerja yang mumpuni dan kabar baiknya banderol harga yang ditawarkan dibawah standar kompetitornya.


Desain
Sektor ini menjadi salah satu daya tarik utama Ascend P1, Dimana ketebalannya hanya 7,7mm saja menghadirkan kesan elegan dan premium.
Bagian backdoor pada unit berwarna ceramic white diberi finishing glossy yang membuatnya mudah mendapat noda sidik jari.

Dengan tonjolan dibagian bawah dan area kamera pada backcover Ascen P1 tetap nyaman di genggam meski sisi belakang ponsel ini tidak kesat karena pilihan finising yang digunakan.
Slot microSD dan kartu SIM di akses langsung dari sisi luar bodi Ponsel, Semantara baterai tertanam di backcover yang tidak bisa di akses oleh pengguna awam.
Dimensi: 127.4x64.8x7.7mm, 110g, full touchscreen, material plastk dan corning gorilla glass, 3,5mm jack audio, port microUSB dan slot SIM, tombol power/screen lock dan slot microSD, liban mic, volume rocker (sekeliling ponsel dari sisi atas), 3 tombol sentuh dibawah layar(task switcher, home, back).


Display
Ponsel ini menggunakan panel Super AMOLED yang dikembangkan oleh Samsung. Layar dengan teknologi ini memiliki karakteristik yang khas seperti kontras yang baik, tampilan warna yang cerah dan viewing angle yang luas.

Kecerahan layar ini juga baik sehingga tulisan dilayar bisa tetap terbaca dengan jelas meski dibawah sinar matahari.

Bicara responsifitas, Layar Ascend P1 memiliki kualitas yang baik tentu berkat dukungan perangkat keras spesifikasi mumpuni yang akan di bahas secara khusus.
Layar sentuh Super AMOLED kapasitiv, 16 juta warna, 540x960piksel, 4.3 inci (~256 ppi piksel density), multi touch, corning gorilla glass.


OS Dan UI
Ascend P1 telah dibekali system operasi popular Android dengan versi teranyarnya. Dimulai dari lockscreen, pengguna akan menemukan sebuah ikon bergambar gembok yang bisa digeser ke empat arah untuk menon-aktifkan pengunci layar atau menuju fitur tertentu dengan lebih cepat, tersedia pilihan kamera, pesan SMS, dan catatan panggilan. Dibagian atas layar tersedia tampilan waktu dan tanggal yang bisa digeser kesamping untuk mengakses control musik.

Homescreen dan menu utama ponsel ini menggunakan tampilan standar ICS, namun untuk membuatnya lebih menarik, pengguna dapat merubah tampilan standar ini dengan menggunakan launcher 3D yang disediakan secara default. Pilihan dapat diakses dengan menekan tombol menu.

Dengan Louncher 3D, Ascend P1 menawarkan pengalaman penggunaan dengan efek animatif 3D saat melakukan perpindahan panel homescreen. Tak hanya itu, launcher ini juga dilengkapi dengan 5 pilihan widget 3D diantaranya Calendar, Email, Music+, Photo album, dan Weather Clock.
Android OS ICS 4.0, 3D Louncher, 3D Widget


Hardware
Jika tidak ingin memerlukan Ascend P1 untuk bekerja dengan performa terbaiknya, pengguna dapat memanfaatkan fitur Power Saving dengan men-downclock kecepatan prosesor ke 1,2GHz dan tentu sajaakan menghemat penggunaan daya baterai.
Dengan kondisi demikian saja, Performa Ascend P1 masih tetap memuaskan dan setara dengan performa galaxy S2 yang memiliki clockspeed yang sama.

Ascend P1 memiliki kapasitas memori internal sebesar 4Gb, namun pengguna hanya akan dapat menggunakan sekitar 2,3Gb saja. Dalam paket penjualan, Huawei memberikan secara cuma2 kartu memori microSD dengan kapasitas 4Gb.
Prosesor DualCore 1,5Ghz Cortex-A9, Qualcomm TI OMAP 4460 chipset, PowerVR SGX540 GPU, RAM 1Gb, Rom 4Gb, External microSD hingga 32Gb, Baterai Li-Ion 1670mAh.


Kamera
Tak hanya memilki rasolusi yang besar, kamera Ascen P1 juga kaya akan fitur khas Ponsel hi-end, diantaranya ada 11 pilihan scene type, 12 colour effect, dan 8 shooting mode termasuk diantaranya HDR dan group.

Dengan pilihan group pada shooting mode, Ascend P1 akan mendeteksi 25 wajah dalam 1 frame dan akan menangkap 5 foto secara berurutan, setelahnya pengguna bisa memilih foto terbaik utuk setiap wajah dari 5 foto tersebut.
Kamera belakang 8Mp, 3264x2448 piksel, autofocus, dual LED flash, geo-tagging, HDR, face and smile detection, perekam video 1080@30fps, kamera depan 1,3Mp.


Konektivitas
Huawei Ascend P1 mendukung jaringan quadband 2G dan pentaband 3G, secara sederhana artinya Anda bisa menggunakan Ponsel ini dimanapun diseluruh dunia tanpa kesulitan mencocokkan frequensi jaringan GSM.

Dengan dukungan teknologi DLNA, pengguna dapat memutar file multimedia seperti audio, video dan foto dari perangkat lain pada Ascen P1 dan begitupun sebaliknya.

Kelebihan konektivitas Ascend P1 tidak hanya itu, slot microSDmemiliki kapabilitas MHL artinya dengan bantuan kabel khusus microUsb-toHDMI pengguna dapat menyambungkan Ascend dengan perangkat display seperti monitor HDatau HDTV.
GSM 850/900/1800/1900, HSDPA 850/900/1700/1900/2100, GPRS, Edge, HSUPA, Wifi, Wifi Hotspot, DLNA, Bluetooth v3.0 dengan A2DP dan HS, microUSB (MHL) v2.0.


Browser
Di versi teranyarnya, ICS Android dibekali dengan browser yang tidak hanya kaya fitur, tetapi juga memiliki kecepatan yang baik.

Tampilannya yang minimalis dengan hanya menampilkan address bar dan ikon untuk mengakses tampilan multitab, memberi ruang yang luas bagi halaman situs yang sedang dibuka.

Dengan menekan tombol menu, pengguna akan melihat beberapa fitur menarik browser ini, termasuk diantaranya “save for offline reading” dimana pengguna dapat menyimpan halaman situs yang tertampil dan membukanya kembali kapanpun tanpa harus terkoneksi dengan internet.
HTML browser, Adobe Flash, Multi Tab Browsing, Saved, Incognito windows.


Kesimpulan
Vendor asal China ini serius bersaing di pasar Ponsel pintar dengan mengandalkan performa. Dan hal tersebut tampaknya dimulai dengan hadirnya Ascend P1 yang menggabungkan desain slim elegan dengan performa mumpuni. Ponsel ini juga menawarkan pengunaan yang menarik denganberagam pilihan personalisasi yang dikantongi user interfacenya, kamera dengan beragam fitur ponsel hi-end dan konektivitas yang lengkap.(Tabloid Pulsa)

Kelebihan
  • Desain Slim
  • Android OS ICS 4.0
  • Louncher 3D
  • Prosesor dual-Core 1,5Ghz Cortex-A9
  • Kamera 8Mp Autofocus dengan LED Flash

Kekurangan
  • Baterai Embeded
  • Memori Internal Kecil


Harga Baru Huawei Ascend P1 (U9200) per tanggal 01 September 2012 RP.4.299.000,-



2 komentar:

  1. Very interesting blog. A lot of blogs I see these days don't really provide anything that attract others, but I'm most definitely interested in this one. Just thought that I would post and let you know.

    BalasHapus
  2. Hi, Really great effort. Everyone must read this article. Thanks for sharing.

    BalasHapus

Entri Populer

Pengikut